FEBA Kawal Keuangan dan Pembangunan di Sumatera Barat

PADANG - Bertempat di aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Dessy Adin, didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD), Ali Ihsan, mengikuti Executive Meeting Forum Perekonomian dan Pembangunan (FEBA) Sumatera Barat dengan Gubernur Sumatera Barat dan Jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Jumat (16/2).

Tim FEBA terdiri dari Kementerian Keuangan (DJPb, DJP, DBC dan DJKN), Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Bank Indonesia, OJK, BPS, BPK dan Bulog. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat langsung dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah yang didampingi Asisten II, III, beserta jajaran.

Executive Meeting diawali dengan sambutan sekaligus paparan dari tim FEBA yang diwakili oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Syukriah HG. Kakanwil DJPb melaporkan pembentukan Forum Ekonomi dan Pembangunan Sumatera Barat (FEBA). FEBA diharapkan menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam melakukan kajian-kajian ekonomi dan pembangunan di Sumatera Barat. FEBA siap dilibatkan apabila Pemda memiliki kendala-kendala dalam pelaksanaan anggaran, ekonomi dan pembangunan di Sumatera Barat. Syukriah HG juga memaparkan hasil kolaborasi FEBA antara lain kinerja fiskal 2023, outlook 2024, Upaya percepatan penyaluran DAK Fisik, Penyerapan Anggaran, Perencanaan dan Penganggaran, Kinerja APBD dan Upaya peningkatan PAD dalam rangka meningkatkan kemandirian Fiskal Daerah.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memberikan apresiasi atas terbentuknya FEBA dan memerintahkan jajaran di Pemda untuk meningkatan sinergi dengan tim FEBA. Menanggapi rendahnya penyerapan DAK Fisik pada triwulan I, Gubernur meminta untuk meningkatkan koordinasi antara perencana anggaran dan dinas teknis pengelola dana untuk percepatan pelaksanaan anggaran sumber DAK Fisik terutama terkait proses pengadaan barang/jasa.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPKP Sumbar atas Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah TA 2023Executive meeting ditutup dengan foto bersama dan disepakati menjadi agenda rutin ke depannya.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar