Focus Group Discussion Hasil Audit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Provinsi Sulawesi Utara

Dalam arahannya, Sihar Panjaitan menegaskan agar perhatian terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Sulawesi Utara harus lebih ditingkatkan lagi serta mengingatkan pentingnya komitmen dan dukungan Pemerintah Daerah sebagai pemangku program JKN di daerah karena berdasarkan hasil Audit Kinerja ini masih ditemui banyak kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan program JKN.

Sementara itu, John Palandung yang membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara, menyampaikan bahwa Pemprov Sulawesi Utara menyadari bahwa dalam pelaksanaan JKN di bumi Nyiur Melambai masih terdapat banyak kekurangan, baik dari segi SDM, sarana-prasarana, serta banyaknya kendala baik dari internal Pemerintah Daerah maupun eksternal. Namun, Pemprov Sulut telah berupaya seoptimal mungkin agar pelayanan kesehatan pada masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik. Hasil dari Audit Kinerja JKN dari BPKP ini akan menjadi dasar dan referensi bagi pelaksana JKN di Provinsi Sulawesi Utara ke depannya baik di tingkat Puskesmas, Rumah Sakit, maupun Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Hasil Audit Kinerja JKN di Provinsi Sulawesi Utara sendiri kemudian dipaparkan langsung oleh Bea Rejeki Tirtadewi dan Viktor H. Siburian, yang diikuti dengan diskusi yang berlangsung secara terbuka dan berjalan baik. (humas)