Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

Wangi–Wangi, Wakatobi, Kamis 14 Juli 2022 – Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara Kembali menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa pada Kabupaten Wakatobi. Kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya dari BPKP untuk mendorong efektifitas pengelolaan keuangan desa dalam mendukung pembangunan desa secara berkelanjutan. Kegiatan Workshop dilaksanakan di Villa Nadila Kec. Wangi-Wangi Kabupaten dengan peserta dari OPD terkait, Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Wakatobi.

Kegiatan dibuka langsung mulai pukul 08:30 WITA s.d 12:30 WITA dengan dibuka oleh Ir. Nursidiq, Asisten I pada Sekertariat Daerah Kabupaten Wakatobi. Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang diinisiasi oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara kali ini menampilkan 4 narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya, antara lain Anggota Komisi IV DPD RI Dapil Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak Dr. H. Amirul Tamim, Msi, Kabid PPA II Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak Eko Wahyu Budi Utomo, yang mengikuti via zoom, Koordinator Fasilitas Pengembangan Partisipasi Masyarakat Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kementerian Desa PDTT, Bapak Drs. Andrey Ikhsan Lubis, Koordinator Pengawasan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak Saul Pabendon.

Sementara itu dalam sesi diskusi panel para narasumber memberikan pemaparan yang sangat menarik, Komite IV DPD RI memberikan pemaparan mengenai Peran DPD-RI terhadap Pembangunan Desa Khususnya dalam Masa Pemulihan Perekonomian di Desa. Dalam arahannya Bapak Amirul Tamim menekankan beberapa poin penting “Dalam rangka pemulihan ekonomi setelah pandemic covid ini, tentunya kita tidak boleh hanya menggandalkan hanya dana desa, kita harus dapat memperdayakan potensi-potensi dari masyarakat, tugas dari kepala desa bukan hanya membuat perencanaan, pertanggungjawaban namun ada yang lebih besar dari itu yaitu bagaimana mensejahterakan masyarakat tentunya juga harus didukung dengan data yang valid”, Pungkas beliau.

Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT memaparkan mengenai Prioritas Penggunaan Dana Desa dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Desa, Kepala Kanwil Perbendaharaan Kabupaten Wakatobi menyampaikan paparan mengenai Mekanisme Penyaluran dan Pertanggungjawaban Dana Desa, dan yang terakhir Koordinator Pengawasan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara yang menyampaikan mengenai Pengawalan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan Desa. Sesi diskusi panel ini dimoderatori oleh Bapak Yuswan Farmanta, Auditor Madya pada Direktorat Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa BPKP.

Disesi wawancara dengan sejumlah wartawan, Koorwasbid APD Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Saul Pabendon, menjelaskan “Dengan adanya kegiatan workshop ini, kita ingin menjalin kemitraan yang lebih tegas, lebih serius dengan para pihak yang terkait, terutama secara kenegaraan dengan kehadiran Bapak Amirul Tamim ini memberikan penguatan yang luar biasa bagi bagaimana pengawasan intern dana desa.” Lebih lanjut Bapak Saul Pabendon menjelaskan “untuk ditataran implementasi tata Kelola keuangan desa, kami berharap Kepala Desa menyadari tugas dan tanggung jawabnya, bahkan bagaimana mentalitas dibangun, moralitas dibangun itu juga harus disadari kepala desa. Bahwa mengelola dana sebesar ini memang tidak mudah, akan menghadapi resiko-resiko fraud. Sehingga dengan diperlengkapinya para kepala desa dan perangkat desa pada workshop ini akan memberikan bekal semestinya lebih dari cukup untuk mereka.” Pungkasnya.

(Dicky/BPKP Sultra)