Kepala BPKP ajak Insan BPKP Sulsel Perkuat Marwah BPKP sebagai Auditor Presiden

Makassar (19/01/2024) – Dalam sela kunjungannya di Bumi Anging Mamiri, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Muhammad Yusuf Ateh menyapa insan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. Kedatangan beliau disambut antusias oleh seluruh pegawai  yang hadir dalam kegiatan Jam Pimpinan yang diselenggarakan di Aula Bawakaraeng Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan.

Muhammad Yusuf Ateh berpesan kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan Marwah BPKP sebagai auditor Presiden. “BPKP Adalah Auditor Presiden, maka tugas utama BPKP adalah memastikan program strategis Presiden bisa terlaksana, berjalan lancar, (dan) terwujud secara efektif, efisien dan akuntabel” jelas beliau. Beliau mendorong semangat para pegawai untuk aktif mengawal program dan kebijakan pemerintah agar dapat berjalan secara efektif, menghasilkan manfaat sesuai yang diharapkan, efisien dalam penggunaan anggaran serta dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam mengawal program dan kebijakan pemerintah, auditor BPKP harus mampu mengidentifikasi titik-titik kritis ataupun risiko yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan program dan kebijakan. Melalui pengawalan bersama baik dari BPKP maupun APIP tentunya akan mendukung kesuksesan program dan kebijakan yang berjalan. Pada kesempatan tersebut beliau juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk mempertahankan dan menjaga budaya integritas yang dimiliki. Integritas yang juga merupakan bagian dari nilai dasar BPKP yakni PIONIR, harus ada dan mampu diaktualisasikan oleh seluruh insan BPKP.  Untuk memperkuat marwah BPKP penting bagi seluruh insan BPKP untuk terus meningkatkan pengetahuan dan agile terhadap berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. “Jadilah ‘auditor’, lakukan pengujian atas data/informasi yang diperoleh, jangan langsung menyimpulkan, seperti surveyor. Pikirkan bagaimana Provinsi Sulawesi Selatan bisa lebih maju dari sebelumnya, identifikasikan apa masalahnya.” jelas Ateh dalam arahannya. Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro menyampaikan terima kasih atas arahan yang diberikan Kepala BPKP “Insyaallah arahan dari bapak akan kita laksanakan, dapat menambah semangat kami, meningkatkan pride kami dan bisa meningkatkan kompetensi kami” tambahnya.

Pertemuan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Mohamad Risbiyantoro, Pejabat Struktural dan Koordinator Pengawasan dam pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan tersebut para pegawai juga berkesempatan untuk bertanya jawab langsung dengan Kepala BPKP. Turut hadir mendampingi Kepala BPKP yaitu Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa BPKP Rusdy Sofyan, Kepala Biro SDM BPKP Raden Mas Aris Santosa dan Tim Kepala. Selain menyapa para pegawai Kepala BPKP juga meninjau pelaksanaan pembangunan Smart Building Pusdiklatwas Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. (Kominfo BPKP Sulsel)