BPKP Sulsel Dukung APIP Siapkan Kertas Kerja Audit Berkualitas

Makassar, Senin (23/10) - Bertempat di Kantor Diklat Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan diselenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan Penyusunan Kertas Kerja Audit bagi APIP. Pelatihan diikuti oleh sebanyak 28 peserta yang berasal dari Politeknik STIA LAN Jakarta, SPI BP Batam, Inspektorat Kota, Daerah dan Kabupaten di Indonesia. Para peserta akan mengikuti pelatihan selama lima hari mulai 23 Oktober Sampai dengan 27 Oktober 2023.

Kertas Kerja Audit (KKA) menjadi alat dukung bagi auditor dalam membuat kesimpulan atas kegiatan audit yang dilaksanakan. Melalui penyusunan KKA auditor mampu mendokumentasikan seluruh tahapan kegiatan audit yang dilaksanakan, mendukung pengomunikasian audit, sarana reviu bagi pihak ketiga dan dasar evaluasi program pengendalian kualitas kegiatan audit internal. Melalui diklat ini para peserta nantinya diharapkan mampu menyusun KKA yang efisien dan efektif.

Dalam pelatihan ini para peserta akan mendapatkan berbagai materi pelatihan mulai dari gambaran umum audit, tahapan, program kerja, teknik dan bukti audit, konsep KKA, Penyusunan KKA hingga pengelolaan KKA. "Mudah-mudahan diklat penyusunan kertas kerja audit ini dapat diikuti dengan seksama" ungkap Memet dalam sambutannya. Beliau juga mendorong para peserta untuk aktif berpartisipasi dan berdiskusi untuk memperdalam pemahaman terkait penyusunan KKA sehingga dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan kegiatan audit nantinya. (Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)