Pembukaan Diklat Penjenjangan Auditor Ahli Muda

Makassar, Selasa (10/10/23). Bertempat di Kantor Penyelenggara Diklat Pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, diselenggarakan kegiatan pembukaan pendidikan dan pelatihan Penjenjangan Auditor Ahli Muda di Lingkungan APIP. Diklat Dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Mohamad Risbiyantoro.

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk dapat membentuk auditor profesional yang mampu memimpin pelaksanaan tugas audit intern sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebanyak 19 peserta APIP Inspektorat Kabupaten dan Kota mengikuti pelatihan yang diselenggarakan mulai 10 Oktober sampai dengan 20 Oktober 2023.

Sebagai Auditor Internal, peran serta auditor internal diberikan baik melalui kegiatan assurance maupunconsulting untuk memberikan nilai tambah bagi organisasi. Kondisi lingkungan pengawasan seiring dengan berjalannya waktu bergerak secara dinamis dan senantiasa berubah. Perkembangan teknologi informasi yang berkembang juga turut andil dalam memberikan perubahan pada sistem tata kelola yang ada. Maka dari pada itu peningkatan kompetensi digital sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dari kegiatan audit yang dilaksanakan. Analisis Data dan Komputer Forensik menjadi beberapa contoh kemampuan/skill yang diharapkan dapat dimiliki oleh auditor saat ini. “Disamping mengikuti kegiatan pejenjangan auditor ahli (ketua tim), kompetensi substantif juga perlu ditingkatkan” ujar Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro dalam sambutannya.

Di akhir sambutannya Risbiyantoro berpesan sebagai auditor penting untuk menjaga integritas dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan. Hal ini akan berdampak baik pada kepercayaan mitra terhadap hasil pengawasan yang diberikan. Kerja sama dan kolaborasi yang baik antara BPKP, APIP, dan APH juga sangat diperlukan untuk mendukung pengawalan akuntabilitas keuangan dan pembangunan nasional dan daerah yang lebih berkualitas. (Kominfo BPKP Sulsel/Dew)