Pelantikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau oleh Gubernur HM Rusli Zainal

Kamis, 8 September 2011, bertempat di Gedung Daerah Provinsi Riau, dilaksanakan Pelantikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Acara ini dihadiri oleh pejabat Provinsi Riau, antara lain Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Provinsi Riau, Sekda Prov. Riau, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD, serta pimpinan instansi vertikal di Provinsi Riau.

 

Setelah acara pelantikan, Kepala BPKP, Mardiasmo menyampaikan beberapa hal. Pertama ia menyampaikan pesan kepada pejabat baru untuk fokus pada beberapa kabupaten dan kota yang belum mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI. Kepala Perwakilan diminta menyusun action plan yang jelas disertai jadwal waktu dan siapa yang harus melaksanakannya.

 

Kepala BPKP juga mengingatkan bahwa Provinsi Riau akan menyelenggarakan beberapa event penting seperti PON ke XVIII. Untuk itu harus BPKP turut mengawal,khususnya dalam pengelolaan keuangannya agar tetap akuntabel.

 

Pada kesempatan itu, kepada para pejabat di lingkungan provinsi Riau ia juga menyampaikan pesan jika mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan negara/daerah, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada BPKP. BPKP saat ini adalah mitra positif bagi pemerintah daerah.  

 

Sementara itu Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, juga menyampaikan beberapa pesan pada sambutannya. Pertama ia menyampaikan bahwa koordinasi antar elemen pemerintah merupakan hal yang penting dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Government. Salah satu hal yang terpenting adalah komitmen dari pimpinan untuk mewujdukan hal itu. Ia mengharapkan agar proses perencanaan dan pengawasan agar ditingkatkan untuk menjaga agar APBD dapat memberi manfaat dan efek ekonomi kepada masyarakat.

 

Gubernur juga mengharapkan keberadaan Perwakilan BPKP Provinsi Riau agar dioptimalkan, khususnya dalam upaya memperoleh opini WTP dari BPK RI, dan terakhir, beliau mengungkapkan harapannya agar seluruh pimpinan daerah memiliki komitmen untuk memperoleh dan mempertahankan opini WTP atas laporan keuangannya.

 

(ivh-humas riau)