BPKP Riau Dampingi Kota Dumai Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Lebih Baik

Dumai, 27 November 2023 - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menjadi narasumber pada Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2023, bertempat di Ballroom Grand Zuri Hotel, Dumai.

Acara yang mengusung tema "Tingkatkan Sinergitas dan Akuntabilitas untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Lebih Baik" itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal.

Didepan seluruh Kepala OPD, Wali Kota Dumai, H. Paisal berpesan kepada Inspektorat Daerah Kota Dumai untuk dapat memanfaatkan wadah ini untuk mengawal penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam siklus pengawasan, tugas inspektorat tidak hanya menjalankan tugas pemeriksaan saja. Tetapi bertanggung jawab juga mengawal hasil pemeriksaannya, termasuk hasil pemeriksaan dari BPK, BPKP dan APIP," ungkapnya.

Dalam diskusi panel, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Fauqi Achmad Kharir menyampaikan sesuai dengan arahan Presiden, APIP harus menguatkan kapabilitasnya termasuk kompetensi personil.

“Jadi sekarang ini aparat Inspektorat harus meningkatkan kompetensi karena penugasan banyak sekali dan harus menjadi mitra strategis bagi kepala daerah dan kepala OPD untuk tempat berkonsultasi” kata Fauqi.

Kemudian Fauqi menyampaikan APIP harus selalu memantau tindak lanjut temuan atau rekomendasi yang diberikan agar pengawasan yang dilakukan efektif. Selain itu, APIP juga menjalankan fungsi early warning system atau peringatan dini dan pencegahan.

Menurutnya keterlibatan APIP sejak awal mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban memang sangat penting agar sasaran program strategis kepala daerah dapat tercapai.

Fauqi menegaskan karena banyaknya yang harus dikawal, kedepannya Inspektorat harus melihat dari sisi manajemen risikonya. “Jika manajemen risikonya lemah itu yang harus didampingi oleh Inspektorat” tegas Fauqi.

Larwasda ini juga menghadirkan narasumber lainnya dari Inspektorat Provinsi Riau, Kejaksaan Negeri Dumai dan Polres Dumai.

(Kominfo BPKP Riau)