BPKP Riau Lakukan Pengawasan SPAL di Kab. Siak

Siak, 23 November 2023 – Penyelenggaraan Sistem Pengolahan Air Limbah (SPAL) bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan sistem penyediaan air limbah domestik yang efektif, efisien, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan.

Sasaran penyelenggaraan SPAL meliputi peningkatan prasarana Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) dan Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPALD) yang telah dibangun, pengembangan pelayanan pengolahan air limbah domestik, dan berkurangnya pencemaran sungai akibat pembuangan tinja.

Oleh karena itu, untuk mendukung program pemerintah tersebut BPKP melakukan pengawasan dalam bentuk evaluasi untuk menilai pencapaian tujuan kebijakan, program, ataupun kegiatan dan menganalisis permasalahan yang terjadi dalam proses implementasi sehingga dapat menjadi umpan balik bagi perbaikan kinerja pembangunan.

Seperti di Kabupaten Siak, tim auditor BPKP Riau meninjau langsung infrastruktur SPAL untuk memastikan ketepatan dan keselarasan perencanaan dan implementasi pembangunannya.

Dari hasil evaluasi, BPKP akan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan dan hambatan yang ditemukan sehingga program SPAL tersebut dapat berjalan lancar guna meningkatkan layanan sanitasi masyarakat dan mengurangi pencemaran lingkungan.

(Kominfo BPKP Riau)