Kadis PU: Overloading Penyebab Kerusakan Jalan Lebih Awal.

Rapat Kerja BPKP Provinsi Riau Tahun 2013 yang digelar Jumat 20 Desember 2013 di aula Gedung Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau, diikuti oleh seluruh pegawai dilingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Dalam Rapat tersebut BPKP Provinsi Riau menghadirkan Kepala Dinas PU sebagai Narasumbernya.  

Dalam pemaparanya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau meyebutkan Panjang jalan Nasioanal di Provinsi Riau adalah 1.134,46 Km yang terdiri dari jalan lintas Timur Sumatra sepanjang 634,27 Km dan jalan penghubung lintas (feeder road) serta jalan lainya sepanjang 500,20 Km, hanya 30% yang kondisinya baik. Tingginya Volume lalu lintas kendaraan bermuatan yang melebihi kapasitas jalan (Overloading), menyebabkan kerusakan jalan lebih awal. Kontruksi jalan yang ada di Provinsi Riau yang direncanakan hanya dengan kapasitas MST 8 Ton, sehingga tidak dapat melayani operasional angkutan industri yang membutuhkan kapasitas yang lebih tinggi (MST>10 Ton) selain itu juga kepala Dinas PU menyebutkan seringnya terjadi Longsor dan Banjir pada beberapa ruas jalan juga menjadi penyebab kerusakan jalan lebih awal.

Menanggapi hal ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau mengusulkan agar dilakukan evaluasi terhadap rencana pembangunan infrastruktur jalan selama 5 tahun kedepan, dan melakukan evaluasi terhadap efektifitas operasional jembatan timbang dan telaahan terhadap peraturan daerah terkait.