ALAZHAR: DARI MITOS KE PERUBAHAN

Dr. Al Azhar menjadi nara sumber dalam pemaparan dengan topik: “Peran Budaya Melayu dalam Menudukung Peningkatan Kinerja Pegawai dan Organisasi”, diselenggarakan dalam rangka mengisi salah satu acara Rapat  Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Riau Tahun 2013 yang memiliki tema: “Tingkatkan Kualitas Kinerja Tahun 2013, dan Perencanaan Kinerja Tahun 2014 melalui Inovasi dan Pembaharuan yang Berkesinambungan”. Rapat kerja tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau pada hari ini Jum’at, 20 Desember 2013.

Lebih jauh Dr. Al Azhar mengungkapkan dari segi budaya memandang pegawai bukan dari sudut fisiknya melainkan yang lebih penting adalah dari peran yang dapat dijalankannnya dalam setiap gerak langkah kehidupan, termasuk dalam menjalankan roda birokrasi kepemerintahan, “Para pegawai bukanlah mesin birokrasi tetapi harus didudukan sebagai manusia (human being) yang sempurna (memiliki akal dan emosi) yang mampu menjalankan fungsi dan sekaligus menjaga marwah (harga diri atau trust) organisasi, sehingga menduduki arti penting dalam setiap tindakan yang mengarahkan birokrasi”.

Dr Al Azhar juga mengungkapkan bahwa persoalan-persoalan bangsa saat ini, baik yang terjadi di tingkat lokal maupun nasional seperti salah satunya adalah maraknya korupsi merupakan persoalan tidak machingnya antara budaya dengan perilaku manusianya. Oleh karena itu, kunci untuk memperbaiki persoalan bangsa ini terletak pada kemauan keras setiap individu yang memiliki amanah untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

Acara tersebut berlangsung sekitar 2,5 jam dan ditutup dengan diskusi antara Dr Al Azhar dengan para peserta raker. Para peserta raker yang sehari-hari biasa bergelut dengan masalah teknis assurance dan consulting, kali ini dengan antusiasnya mengikuti sharing knowledge Budaya Melayu yang tentu saja menurut Kepala Perwakilan BPKP provinsi Riau yang memandu acara tersebut “Sangat bermanfaat untuk memberikan dorongan ide-ide baru (inovasi) juga pengayaan terhadap Budaya Kerja BPKP yang sudah memiliki brand image sebagai 5 (lima) AS: kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berintegritas”. Humas Riau.