Rokan Hilir: Menuju Keseimbangan Pembangunan Fisik dan Akuntabilitas

Pemerintah Daerah Rokan Hilir menggelar acara Gelar Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2013 pada hari Selasa, 17 Desember 2013.

Pesatnya pembangunan fisik infrastruktur berupa bangunan gedung kantor pemerintah, jalan raya dan jembatan yang dipacu semenjak era otonomi di Kabupaten Rokan Hilir, perlu diimbangi dengan peningkatan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan tata kelola keuangan.

“Apabila merdengar kata Bagan siapi-api maka yang terbayang adalah tempat penghasil ikan terbesar di Nusantara, prestasi itu tetap berlangsung hingga kini, dan bagi siapapun yang pernah berkunjung di era sebelum otonomi daerah tidak akan menyangka posisi Bagan Siapi-api akan berkembang pesat seperti saat ini bahkan menjadi ibukota dari Kabupaten Rokan Hilir. Namun demikian, kemajuan dalam pembangunan sarana fisik di Bagan Siapi-api dan Kabupaten Rokan Hilir semestinya diimbangi dengan peningkatan dalam kualitas pengelolaan pemerintahan dan akuntabilitas keuangan daerahnya”. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Mulyana  saat memberikan sambutan pada Acara Gelar Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Rokan Hilir pada Selasa, 17 Desember 2013.

Acara Gelar Tindak Lanjut Hasil Pengawasan tersebut dihadiri oleh para Kepala SKPD dan para pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, serta dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Wan Amir Firdaus. Dalam pembukaan acara tersebut Wan Amir Firdaus membacakan sambutan tertulis  Bupati Rokan Hilir yang berisi beberapa pesan penting untuk seluruh Kepala SKPD, diantaranya realisasi anggaran tahun 2013 harus dapat diserap secara optimal, serta bertindak sesuai ketentuan yang berlaku dalam merealisasikan anggaran di akhir tahun 2013. Selain itu, Bupati Rokan Hilir dalam pesannya juga mengingatkan kembali kepada seluruh Kepala SKPD agar untuk perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di tahun 2014 perlu memahami secara baik ketentuan yang berlaku dan mengimplementasikan SPIP dalam setiap kegiatan SKPD.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau selain mengkritisi  mengenai perlunya peningkatan dalam kualitas pengelolaan pemerintahan dan akuntabilitas keuangan daerah dengan memfokuskan pada pengembangan sistem pengelolaan kinerja dan keuangan yang terintegrasi, juga memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang sudah berkomitmen untuk melaksanakan Rencana Tindak Perbaikan SPIP di tahun 2014.

(Humas Riau)