Tingkatkan Sinergi Auditor Internal dan Eksternal, BPKP Papua Kunjungi BPK Papua

JAYAPURA - (13/09) Demi tingkatkan hubungan yang baik antara BPKP dan BPK, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Zainuri melanjutkan koordinasi pengawasan yang telah dibangun dengan baik selama ini dengan Kepala Perwakilan BPK Papua, Martuama Saragi.

Zainuri didampingi oleh Korwas Bidang IPP, Mariadi dan Korwas Bidang P3APIP, Miyarno disambut kedatangannya oleh Martuama Saragi beserta jajaran di ruang kerjanya.

Kedatangan Zainuri bermaksud untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama yang selama ini telah dibina dengan baik antara BPKP dan BPK, termasuk pembahasan mengenai persiapan dan pemekaran DOB.

Martuama Saragi juga mengatakan bahwa BPK sedang melaksanakan pemeriksaan dalam rangka kepatuhan manajemen aset, juga operasional terhadap DOB. BPK sudah menyarankan kepada DOB tersebut agar minta didampingi oleh BPKP terkait serah terima aset dan pencatatannya yang dilaksanakan oleh DOB sebelum dilakukan pemeriksaan oleh BPK.

Zainuri menanggapi positif gagasan tersebut. Zainuri juga menanggapi agar kiranya Provinsi Induk harus melakukan pencocokan data aset dari semua OPD, setelah itu bisa dilakukan serah terima dan dilakukan pemeriksaan bersama.

BPK berharap agar BPKP terus mengawal kepatuhan-kepatuhan dari persiapan DOB ini agar semua dapat berjalan sesuai dengan prosedur.

Dalam kunjungannya Zainuri berharap kualitas komunikasi akan ditingkatkan lagi antara BPKP dan BPK. “Komunikasi dapat ditingkatkan melalui kegiatan informal seperti kegiatan olahraga,”pungkas Zainuri seraya berpamitan kepada Martuama.

(Kominfo BPKP Papua/FAM)