Sinergitas BPKP Papua dan Polda Papua

JAYAPURA - (13/09) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Zainuri pada hari ini melaksanakan koordinasi pengawasan ke Kepala Kepolisian Daerah Papua, Mathius D. Fakhiri di Polda Papua. Kapolda menerima kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua di ruang kerjanya.

Zainuri didampingi dalnis bidang Investigasi, Maringan Sihotang.

Kunjungan kerja ini bermaksud untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama antar BPKP dan Polda, termasuk terkait penanganan kasus-kasus maupun bantuan pengawasan pembangunan dan keuangan oleh BPKP.

Selain itu kunjungan kerja tersebut juga sebagai perkenalan atas pergantian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua serta permintaan kesediaan Kapolda untuk dapat hadir di acara pengukuhan yang rencananya dilaksanakan tanggal 18 september mendatang.

Zainuri juga berharap agar sinergitas yang telah dibangun selama ini semakin baik ke depannya. “Pengawasan dapat dilakukan secara informal terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan koordinasi secara formal,” ungkap Zainuri.

Disela-sela obrolannya, Kepala Perwakilan juga membahas perencanaan Polda untuk Pemda agar menyediakan lahan yang kemudian dipergunakan  untuk pembangunan Kantor BPKP Provinsi Papua yang baru.

Mathius menanggapi secara positif gagasan BPKP. Mathius juga menyetujui agar koordinasi informal justru sangat diharapkan, agar komunikasi yang terjalin aktif dan kedepannya semakin lancar dalam berkoordinasi.

Beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangannya untuk saling bersinergi dan berkolaborasi tanpa adanya intervensi. Selain itu, Mathius juga meminta BPKP agar melakukan pengawasan atas kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Polda di Kabupaten Timika, sebanyak 2 obyek dan di Kota Jayapura 1 obyek.

Mathius saat itu didampingi oleh Irwasda Polda Papua, Alfred Papare, Dirreskrimsus, Ade Sapari, dan Kasubdit III Tipidkor Direskrimsus, Wahyudi.

Pada kesempatan itu, Irwasda juga berterima kasih kepada BPKP karna Polda Papua khususnya para inspektur telah berkesempatan berkali-kali mendapat bantuan pelatihan dari BPKP.

Menutup acara, Kepala Perwakilan juga menegaskan motto BPKP yaitu hadir dan bermanfaat. Zainuri berharap kehadiran BPKP Papua dapat bermanfaat bagi daerah yaitu Provinsi Papua.

(Kominfo BPKP Papua/FAM)