Inspektorat Pabar Perkuat Kolaborasi Pengawasan dengan BPKP

Manokwari (18/01)- Dalam rangka pelaksanaan Permendagri No. 73 tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, telah tersedia Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) dalam bentuk aplikasi. Aplikasi ini berguna untuk membantu APIP dalam pelaksanaan pengawasan keuangan desa agar lebih terarah, efektif dan efisien. Hal tersebut diungkapkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Zainuri didampingi Koordinator Pengawasan Bidang APD Martinus Tonapa dan Koordinator Pengawasan Bidang P3APIP Robertus Gatot Megantoro saat kunjungan kerja ke Kantor Inspektorat Provinsi Papua Barat.

“Mengingat aplikasi tersebut masih baru, maka diperlukan pemberian pemahaman kepada APIP yang akan ditugaskan dalam pengawasan tersebut seperti menyelenggarakan workshop” ujar Zainuri.

Inspektur Provinsi Papua Barat Sugiyono menyambut baik pelaksanaan workshop tersebut dan akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Zainuri menyampaikan bahwa desain pengawasan BPKP saat ini diwujudkan dalam Agenda Prioritas Pengawasan (APP) serta Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD) untuk lebih menajamkan hasil pengawasan sehingga dapat menghasilkan rekomendasi pengawasan strategis yang memberikan nilai tambah terhadap pengelolaan keuangan pembangunan. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang memadai oleh institusi sasaran pengawasan agar dapat tercapai pengawasan yang diharapkan.

Lebih lanjut, Zainuri menambahkan terkait pencapaian maturitas SPIP terintegrasi, kapabilitas APIP serta MRI perlu disusun strategi yang matang dalam mendongkrak capaian kinerja aspek terkait.

Di akhir pertemuan, Sugiyono mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk perkuat kolaborasi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat dalam mewujudkan pelaksanaan pengawasan yang efektif dan efisien serta meningkatkan capaian level maturitas SPIP terintegrasi, kapabilitas APIP dan MRI.

“Dalam beberapa waktu ini, kami akan menyusun agenda atau program-program tersebut” ungkap Sugiyono.

(Kominfo BPKP Pabar)