Wujudkan Kedaulatan Pangan Nasional: BPKP NTB Cek Fisik Program IPDMIP

Selong - Pertanian di Indonesia merupakan sektor yang memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

Upaya Pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang mengedepankan kemajuan sektor pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia diwujudkan dalam mendorong implementasi Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project atau IPDMIP.

Program IPDMIP dilaksanakan selama 5 tahun dan akan memberikan manfaat kepada 4 juta petani penggarap dan pemilik lahan di 74 Kabupaten dalam 16 Provinsi.

Tim Perwakilan BPKP NTB  melakukan pengawasan terhadap keberlangsungan perolehan manfaat langsung kelompok tani di Kabupaten Lombok Timur atas Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) dalam rangka penugasan Audit atas Laporan Keuangan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) Kementerian Pertanian Loan IFAD Number 2000001445 pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur.

Tim BPKP menyambangi belasan kelompok tani yang tersebar di 4 Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur dengan tujuan untuk memberikan opini mengenai tingkat kewajaran penyajian laporan keuangan program sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterapkan pada proyek yang bersangkutan (audit keuangan) serta memberikan penilaian atas kecukupan sistem pengendalian intern proyek.

Selain di Lombok Timur, Tim BPKP juga melakukan pengawasan terhadap Program IPDMIP yang dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya dalam kegiatan pengembangan kapasitas penyuluh dan staf. 

(Kominfo BPKP NTB)