BPKP Malut Dukung Pemindahan Aktivitas di Ibu Kota Sofifi

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto didampingi oleh Kepala Bagian Umum Zulkifli mengikuti Rapat Koordinasi Penyediaan Perumahaan dalam Rangka Keterpaduan Pengembangan Kota Baru Sofifi pada Kamis Siang (17/11/2022). Rakor ini dipimpin oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto. Rakor ini diikuti oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara, FORKOPIMDA Provinsi Maluku Utara, 9 Instansi Vertikal di Provinsi Maluku Utara.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Percepatan Pembangunan Kota Baru Sofifi sebagai tindak lanjut hasil Rapat dengan Asisten Deputi (Asdep) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves RI) Ikram Sangadji pada bulan Agustus yang lalu. Lanjutnya, Iwan berharap dengan adanya Rakor ini Pembangunan Kota Baru Sofifi segera terwujud di tahun mendatang dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara serius dalam pembangunan ini dengan menyiapkan masterplan hingga koordinasi ke Pemerintah Pusat sehingga dapat terwujud sinergi yang baik.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Bappeda menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku Utara merencanakan menyiapkan 49 Hektar Lahan untuk Pembangunan Perumahan FORKOPIMDA dan instansi vertikal. Pemerintah Provinsi Maluku Utara juga telah menyiapkan lahan untuk Bandara di Loleo. Pembangunan perumahan dan Bandara ini direncanakan menggunakan anggaran APBN, APBD Pemerintah Provinsi Maluku Utara, APBD Kota Tidore Kepulauan, DAK, dan Swasta/Badan Usaha.

Sementara Kepala Wilayah BPN Provinsi Abdul Azis menyampaikan bahwa sebagai Instansi Vertikal mendukung penuh dengan memindahkan kegiatan/aktivitas tupoksi dan layanan pertanahan sejak tahun 2014, namun terdapat sebagian layanan belum dapat dilaksanakan semua di kota Sofifi, mengingat sarana/prasarana belum memadai sehingga hal ini perlu menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk memperbaiki sarana/prasarana. Selain itu BPN Provinsi Maluku Utara akan siap melayani dalam pengurusan sertifikat tanah.

Sementara perwakilan dari Polda Maluku Utara dan perwakilan dari Kejati Provinsi Maluku Utara akan siap jika berpindah ke Sofifi. Sedangkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyampaikan bahwa seluruh pegawai BPKP akan siap berpindah ke Sofifi. Dalam hal ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara akan mempercepat pembangunan kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara di Sofifi mengingat Pembangunan Rumah ASN BPKP Malut sudah 100%.

(Kominfo BPKP Malut/April)