BPKP Malut Bantu Pertahankan Level 3 SPIP Halut

Dalam rangka peningkatan efektivitas Manajemen Risiko, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi dan Penerapan Manajemen Risiko pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Bimtek bertujuan untuk transfer knowledge terkait mempertahankan Level 3 Maturitas SPIP dalam SPIP Terintegrasi.

Kegiatan Bimtek dilakukan selama 2 hari kerja, mulai tanggal 9 dan 10 November 2022, bertempat di Ruang Rapat Fredy Tjandua di Lingkungan Kantor Bupati Halmahera Utara. Adapun tim Bidang APD yang menjadi narasumber yaitu Monika Jayatri, Alvian Fauzi P., Foni S. Nugroho, dan Wildan Aziz M.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara, Erasmus J. Papilaya. Dalam arahannya, Erasmus mengungkapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim BPKP yang akan berbagi ilmu SPIP dan MR di Kabupaten Halmahera Utara. Erasmus berharap, seluruh unsur pegawai yang terlibat dalam mempertahankan Level 3 SPIP bersemangat dan berkomitmen sehingga Kabupaten Halmahera Utara dapat mempertahankan Level 3 Maturitas SPIP yang telah diperoleh di tahun 2018. Pembukaan kegiatan bimtek ini dihadiri oleh Inspektur Kabupaten Halmahera Utara, Kepala OPD, dan Kasubag Perencanaan.

Seusai pembukaan, dilaksanakan penandatanganan hasil pembahasan bersama antara Tim Asesor Penilaian Mandiri dengan Tim Penjaminan Kualitas atas Rencana Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi. Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara selaku Ketua Tim Asesor Penilaian Mandiri, Inspektur Kabupaten Halmahera Utara selaku Penanggung Jawab Penjaminan Kualitas, serta seluruh Kepala OPD. Acara dilanjutkan dengan paparan materi terkait Penilaian Mandiri SPIP oleh Tim BPKP dan tanya jawab dengan peserta.

Pada hari kedua, paparan materi oleh Tim BPKP dilanjutkan dengan materi Manajemen Risiko dan praktik penyusunan dokumen risiko yang diikuti oleh Sekretaris OPD, Kasubag Program, dan Kasubag Kepegawaian. Di akhir pemaparan materi terdapat sesi tanya jawab dan diskusi dengan peserta.                                   

(Kominfo BPKP Malut/Monika)