Kawal Akuntabilitas Perencanaan Bersama BPKP Malut dan Bappelitbangda Ternate

Ternate (4/9) – Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Safi’ Mahmud mengunjungi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate. Kedatangan Aryanto besama Safi’ disambut dengan hangat oleh Said Assagaf selaku Kepala Bappelitbangda Kota Ternate. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak, pertemuan ini berlangsung pada pukul 15.00 – 16.00 WIT.

Bertempat di ruang kerja Said, perbincangan ini berlangsung secara akrab. Pada pertemuan ini, Aryanto membuka perbincangan dengan memperkenalkan dirinya selaku Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara yang baru menggantikan Rizal Suhaili. Lanjutnya, Aryanto menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mempererat jalinan sinergi antar lembaga yang baik dengan membangun perencanaan daerah yang akuntabel. Selain itu, Aryanto mengajak Kepala Bappelitbangda secara bersama-sama untuk mengawal akuntabilitas mulai dari perencanaan hingga pengembangan daerah.
 
Pada kesempatan ini, Said mengucapkan terima kasih atas kunjungan Aryanto ke Kantor Bappelitbangda Kota Ternate ini. Lanjutnya, Said menyampaikan bahwa kehadiran BPKP sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah karena BPKP membantu dalam mengawasi dan mengawal akuntabilitas keuangan daerah dari mulai perencanaan hingga realisasi. Dalam perbincangan ini, Said berharap BPKP agar selalu dapat mendampingi dan memberikan pelatihan kepada pegawai Bappelitbangda dalam penyusunan perencanaan keuangan daerah agar akuntabel.
 
Menjawab hal tersebut, Aryanto menyampaikan bahwa BPKP selalu siap mendampingi dan memberikan pelatihan dalam mengawal akuntabilitas keuangan daerah dari perencanaan hingga realisasi.
 
Pada akhir kunjungan Aryanto meminta dukungan kepada Said terhadap inovasi atau proyek perubahan “SIREP GARDA” yang sedang dikerjakannya dalam rangka melaksanakan Diklat Kepemimpinan II. Said pun mendukung sepenuhnya proyek perubahan tersebut karena proyek perubahan tersebut dapat menjadi solusi permasalahan dan masa depan yang baik bagi Pemerintah Daerah ke depannya. (Kominfo BPKP Malut/April/Monik)