BPKP Malut Serahkan LHP ke Gubernur Maluku Utara

Ternate (03/09) – Gubernur Maluku utara Adul Ghani Kasuba menerima Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Semester I dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara yang diserahkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo di Kediaman Gubernur Provinsi Maluku Utara, Ternate pada pagi ini (03/09). Acara ini berlangsung pada pukul 11.00 – 14.00 WIT dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak. Acara yang dilaksanakan bersamaan dengan Rakorwasdanas bersama Kemendagri, BPKP Seluruh Indonesia, Inspektorat seluruh Indonesia, dan Kementerian Keuangan dihadiri Inspektur Provinsi Ahmad Purbaja,  Koordinator Pengawasan Bidang IPP Roni Medison, Korwas Bidang AN Ipung Heswara Yogawardhana, Korwas Bidang P3A Safi’ Mahmud.

Pada kesempatan ini, Abdul Ghani Kasuba menyampaikan ucapan terima kasih kepada  BPKP atas diterbitkannya Laporan Hasil Pengawasan Wilayah Maluku Utara. Gubernur Maluku Utara berharap LHP ini dapat bermanfaat dalam menjalankan roda pemerintahan dan untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah.

Dalam laporan tersebut, Aryanto berharap bahwa Laporan Hasil Pengawasan ini dapat digunakan oleh Gubernur maupun stakeholders terkait lainnya untuk bahan refleksi dan  masukan dalam pengambilan kebijakan strategis di wilayah Provinsi Maluku Utara, terlebih dalam peningkatan pembangunan daerah, akuntabilitas, dan kinerja pemerintah daerah.

Laporan Ikhtisar Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2020 tersebut, lebih difokuskan pada 4 hal yaitu  Pengawasan Program Pembangunan Nasional, Peningkatan Ruang Fiskal, Pengamanan Keuangan/Aset Daerah, serta Peningkatan Governance System.

Setelah penyerahan, Aryanto meminta dukungan kepada Abdul Ghani terhadap inovasi atau proyek perubahan “SIREP GARDA” yang sedang dikerjakannya dalam rangka melaksanakan Diklat Kepemimpinan II. Abdul Ghani pun mendukung sepenuhnya proyek perubahan tersebut karena proyek perubahan tersebut dapat menjadi solusi permasalahan dan masa depan yang baik bagi Pemerintah Daerah ke depannya.

Selanjutnya, Gubernur Maluku Utara bersama Inspektur Provinsi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara dan tim mengikuti jalannya Rakornawasdanas yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Kemudian dilanjutkan arahan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh. Dalam arahannya, Ateh  menyampaikan bahwa peran daerah sangat penting dalam menyukseskan program penanganan Covid 19. Untuk itu, BPKP siap melakukan pengawasan dan pendampingan akuntabilitas di daerah agar program yang dicanangkan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya. Kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh para narasumber dan ditutup dengan sesi diskusikan. (Tim Kominfo BPKP Malut/April/Monik)