Pengukuhan Pengurus DPW AAIPI Provinsi Maluku Utara dan Penyerahan Penghargaan Opini WTP atas LKPD

Selain kegiatan pengukuhan terdapat pula kegiatan Penyerahan Pengahargaan Opini WTP atas LKPD kepada Pemerintah Daerah. Terdapat 9 (sembilan) Pemerintah Daerah peraih WTP untuk LKPD 2018. Raihan ini meningkat dari tahun lalu, yaitu dari sebanyak 7 (tujuh) Pemerintah Daerah peraih WTP untuk LKPD 2017. Kesembilan Pemerintah Daerah peraih WTP untuk LKPD 2018 adalah Pemda Prov. Maluku Utara, Pemda Kota Tidore Kepulauan, Pemda Kota Ternate, Pemda Kab. Halmahera Selatan, Pemda Kab. Halmahera Timur, Pemda Kab. Halmahera Utara, Pemda Kab. Halmahera Barat, Pemda Kab. Pulau Morotai, dan Pemda Kab. Halmahera Tengah.

Setalah itu terdapat kegiatan Dikusi Panel dengan tema “Peran Auditor Internal dalam Mengawal Tata Kelola Keungan dan Pembangunan Menyongsong RPJMN 2020-2024”,  dengan narasumber Irjen Kemenkeu dan Deputi Kepala BPKP Bidang BPKP yang dimoderatori oleh Sekda Prov. Maluku Utara.

Keseluruhan kegiatan dilaksanakan dalam rangka mendorong upaya perwujudan peran APIP yang efektif, terus menerus mendorong peningkatan kapabilitas seluruh APIP di Provinsi Maluku Utara termasuk komitmen semua kepala daerah untuk memenuhi kebutuhan jumlah auditor sesuai beban kerja pengawasan serta meningkatkan kesejahteraan auditor melalui pemberian tunjangan daerah sesuai dengan beban kerjanya dalam rangka mengawal akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah di Provinsi Maluku Utara.

(Humas Malut/Idham)