Apel Pagi: Kaper BPKP Kaltara Lakukan Internalisasi Lanjutan Perban 2/2023

TARAKAN - Hari ini, Senin (3/7/2023) telah dilaksanakan apel pagi secara hybrid di Aula Lantai 2, Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan apel pagi diikuti oleh Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara Felix Joni Darjoko dan seluruh pegawai lainnya, serta dilaksanakan dengan petugas apel dari Bagian Tata Usaha (TU).

Dalam kesempatan apel pagi, Kaper BPKP Provinsi Kalimantan Utara Felix Joni Darjoko melakukan internalisasi lanjutan kepada seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara terkait Peraturan BPKP (Perban) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Manajemen Penugasan Pengawasan di Lingkungan BPKP. Felix menjelaskan secara langsung bagian per bagian yang diatur dalam Perban Nomor 2 Tahun 2023.

Felix juga mengajak para pegawai bukan hanya memahami, tetapi menjadikan Perban Nomor 2 Tahun 2023 menjadi bagian dari setiap auditor. Perban ini ibarat tongkat pemandu untuk mengelola semua kegiatan penugasan pengawasan BPKP, yang mana bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pengawasan; memberikan panduan dalam memenuhi Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) dan Kode Etik Auditor; serta menetapkan dasar untuk mengevaluasi kinerja pengawasan.

Hal-hal yang baru dalam Perban dijelaskan, seperti term klien dan entitas mitra, opini makro/penugasan, laporan bentuk panjang dan bentuk pendek, dan lain-lain. Selain itu, ia juga menggarisbawahi antara lain tentang ruang yang lebih luas dalam mengelaborasi instrumen pengawasan untuk memenuhi kebutuhan terkini klien atau entitas mitra dengan menambahkan kategori penugasan pengawasan lain. Dalam mitigasi risiko penugasan, juga ditekankan bahwa pengembangan informasi awal tidak hanya berlaku untuk penugasan asurans, tetapi semua kelompok penugasan.  Lebih dari itu, Felix menekankan semua aspek berkaitan dengan proses bisnis penjaminan mutu pengawasan, dan bagian terpenting yang menjadi tanggung jawab perwakilan, yaitu reviu berjenjang yang dapat dilakukan dalam berbagai pendekatan. Berikutnya kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Tidak lupa, Felix juga menyampaikan arahan mengenai Capaian Kinerja Triwulan II Tahun 2023 agar masing-masing Koordinator Pengawasan (Korwas) fokus dan memperhatikan capaian target pada masing-masing Triwulan.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan perlunya membangun komunikasi yang efektif dan kolaboratif antarbidang sehingga pelaksanaan kegiatan pengawasan dapat berjalan optimal. Secara keseluruhan, apel pagi berjalan dengan lancar.

 

(Kominfo BPKP Kaltara)