Silaturahim Keluarga Besar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Acara silaturahim ini diawali dengan do’a bersama untuk mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan terjemahannya oleh Ibu Mutmainah dan Ibu Susanti Suriatin. Kemudian disampaikan hikmah halal bi halal mengenai keutamaan silaturahim oleh Ustadz Muhammad Tamjidnor, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang bagaimana agama lebih banyak mengatur tentang hubungan antar manusia atau urusan muamalah. Hal ini disebabkan manusia tidak dapat hidup tanpa bersosialisasi dengan sesama manusia. Untuk menjaga harmonisasi dalam interaksi dengan sesama manusia, diperlukan aturan-aturan dalam agama lengkap dengan reward and punishment berupa pahala dan dosa. Interaksi antar sesama manusia di dunia, apalagi mengenai soal harta, apabila tidak terselesaikan maka akan terus dibawa hingga meninggal. Kelak di padang Mahsyar akan diminta untuk diselesaikan menggunakan pahala dan dosa yang dimiliki. Pembekalan berjalan hingga pukul 12 siang.

Ustadz Muhammad Tamjidnor menutup pembekalan dengan do’a. Setelah siraman rohani selesai, seluruh hadirin diminta membentuk lingkaran untuk saling bersalaman dan saling memaafkan. Acara silaturahim diakhiri dengan makan siang bersama.