Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme Akuntan

PONTIANAK (18/10) –Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat menghadiri kegiatan Pelantikan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Kalimantan Barat dan Seminar Internasional Accountant Involvement Assisting with Environment, Social, Governance Accomplishment pada Rabu, 18 Oktober 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sehat Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Pelantikan Ketua dan Pengurus IAI Wilayah Kalimantan Barat periode 2013-2027 tersebut dilantik secara langsung oleh Dewan Pengurus Nasional IAI Arief Tri Hardiyanto. Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ade Prianto juga turut dilantik secara resmi pada kegiatan tersebut dan bergabung dalam kepengurusan sebagai anggota pada Bidang Organisasi dan Keanggotaan IAI Wilayah Kalimantan Barat.

Pelantikan tersebut disaksikan secara langsung oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan Christianus Lumano, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Tanjungpura Radian, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat Wahyu Priyono, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Barat Kurniawan Nizar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Nur Asyura Anggini Sari, Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi, Ketua IAI Kalimantan Barat periode 2019-2023 Haryono. Juga turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Umum, para Koordinator Pengawasan, para Subkoordinator, para Pengendali Teknis, dan tim Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Dewan Pengurus Nasional IAI Arief Tri Hardiyanto menyampaikan apresiasi kepada pengurus IAI Wilayah Kalimantan Barat periode sebelumnya atas kerelaannya menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mengembangkan profesi akuntan di wilayah ini. Ia juga menekankan kepada pengurus baru untuk SIAP, yakni Sinergi, Inisiasi Berkelanjutan, Anggota, dan Profesionalisme Akuntan.

Arief Tri Hardiyanto juga sekaligus meresmikan penggunaan CBE Center FEB Universitas Tanjungpura yang diharapkan dapat menjadi katalis pengembangan profesi akuntan di wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya.

Kemudian, Staf Ahli Gubernur Kalimantan Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan Christianus Lumano menyampaikan mengucapkan selamat kepada Pengurus IAI Wilayah Kalimantan Barat periode 2023-2027, semoga amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan penuh tanggungjawab. IAI juga memiliki peran penting di Kalimantan Barat dalam mendukung pembangunan daerah.

Dilanjut sambutan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Tanjungpura Radian, dirinya menyampaikan semoga IAI Wilayah Kalimantan Barat dibawah kepemimpinan Nella Yantiyana akan senantiasa solid dan semakin baik dengan semangat dan komitmen yang baru untuk terus mengangkat profesi akuntan dan memberikan dampak yang sebaik-baiknya untuk wilayah Kalimantan Barat.

Setelah pelantikan dan penandatanganan berita acara dilakukan, kegiatan dilanjut dengan seminar internasional yang dipaparkan oleh Dewan Pengurus Nasional IAI Arief Tri Hardiyanto dengan judul materi “Peran Akuntan dalam mewujudkan Green Accounting”, Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi dengan judul materi “Penerapan Green Accounting dalam Dunia Perbankan”, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Nur Asyura Anggini Sari dengan judul materi “Environment, Social, and Governance”. (HAP)