Sosialisasi SPIP & MR Kota Cimahi

Kota Cimahi, Selasa, 26 September 2023, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Cimahi melaksanakan kegiatan sosialisasi penerapan manajemen risiko serta penandatanganan komitmen bersama penyelenggaraan SPIP dan MR.

Komitmen Bersama ditandatangani oleh Walikota Cimahi, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Inspektur serta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Samono, menyampaikan beberapa hal penting yaitu:
1. SPIP dan Manajemen Risiko merupakan tanggung jawab semua pihak di lingkungan pemerintah daerah.
2. Government, Risk, and Control harus menjadi suatu kebutuhan yang digunakan untuk optimalisasi pencapaian tujuan dan bukan sekedar pemenuhan dokumen.
3. Anggaran berbasis kinerja harus sepenuhnya diterapkan, tidak lagi mengalokasikan anggaran secara incremental berdasarkan anggaran tahun sebelumnya tetapi program follow result, money follow program.
4. Harus mulai menghilangkan praktek silo management. Tidak ada tujuan yang bisa dicapai hanya oleh 1 pihak, perlu kolaborasi yang kuat untuk mencapai tujuan secara efektif.
5. Sadar risiko bukan hanya diwujudkan dalam rangka pemenuhan dokumen/evidence penilaian, tetapi yang lebih luas dari itu yaitu pencapaian tujuan organisasi.

Dari kegiatan ini diharapkan komitmen seluruh elemen di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi atas pentingnya SPIP dan MR dalam pencapaian tujuan akan meningkat.