BPKP Gorontalo Fasilitasi Implementasi SIMREN Tahunan Penginputan ASB Pada Pemda Boalemo

Bertempat di aula BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo, pada Kamis (11/4) kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf, yang turut di hadiri Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi, Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo Rusdin Aminu dan para Kasubbag perencanaan perwakilan masing – masing OPD.

Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa Analisis Standar Harga (ASB) merupakan salah satu instrumen anggaran berbasis kinerja sebagai mana telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 105 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah.

“Penggunaan ASB untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan dicapai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomi, efisien dan efektif, penginputan ASB menjadi salah satu tahapan dalam penyusunan RKA pada APBD,” ungkapnya.

Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo yang telah menyelenggarakan Implementasi Sistem Informasi Perencanaan (SIMREN) melalui pengimputan ASB yang bersifat fisik,

“Tentunya dengan aplikasi ini proses perencanaan anggaran daerah akan lebih transparan, adil dan dapat di pertanggung jawabkan. BPKP juga akan melakukan pengawasan tentang pengelolaan dan penggunaan ànggaran yang akan dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo,” jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo Rusdin Aminu dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang laksanakan selama 5 hari dari tanggal 11 – 16 April 2019 yang diikuti oleh para Kasubag Perencanaan masing-masing OPD, bertujuan untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan di capai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomis, efisien dan efektif.