BPKP Lakukan Entry Meeting Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran APBD pada Pemkab Sleman

Rabu (14/09), diadakan entry meeting kegiatan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah antara BPKP dengan OPD-OPD di Kabupaten Sleman. Kegiatan yang bertempat di Ruang Praja 2, Gedung Lama Lantai 2, Kantor Bupati Sleman tersebut dihadiri oleh Asisten Sekretaris Daerah 1, H.Y. Aji Wulantara, Inspektorat Kabupaten Sleman beserta OPD-OPD di Kabupaten Sleman antara lain Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bappeda, DPUPKP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas PMK, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Perhubungan, dan DPMPTSP. Sebelumnya, pernah dilakukan kegiatan yang sama yaitu pada bulan Februari-Maret 2023 lalu.

Ratna Wijihastuti, sebagai pembicara dari BPKP menyampaikan melalui paparannya, kegiatan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran difokuskan pada lima sektor, yaitu Sektor Pengentasan Kemiskinan, Sektor Stunting, Sektor Ketahanan Pangan, Sektor Pariwisata, dan Sektor UMKM. Informasi yang diharapkan dapat diperoleh dari kegiatan ini berupa gambaran umum perencanaan dan postur anggaran pemda. Melalui evaluasi perencanaan dan penganggaran juga akan dilakukan penilaian  terhadap kualitas perencanaan dan penganggaran pemda. Evaluasi perencanaan dan penganggaran akan dilaksanakan oleh BPKP dengan menggunakan tools pohon faktor, yang akan dilaksanakan pada September sampai dengan November 2023 mendatang.

Selain di Kabupaten Sleman, kegiatan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah juga akan dilakukan pada provinsi/kabupaten/kota yang menjadi wilayah kerja Perwakilan BPKP Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu DIY, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Cilacap, Kota Yogyakarta, dan Kota Magelang.

Aji Wulantara, Asisten Sekretaris Daerah 1 mengatakan dengan adanya evaluasi perencanaan dan penganggaran yang dilaksanakan oleh BPKP, Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk memperbaiki perencanaan dan penganggarannya sekiranya ada yang belum tepat dan kurang mengarah kepada harapan atau visi Pemerintah Kabupaten Sleman yaitu Terwujudnya Sleman Sebagai Rumah Bersama Yang Cerdas, Sejahtera, Berdaya Saing, Menghargai Perbedaan dan Memiliki Jiwa Gotong Royong.

Kominfo BPKP DIY/Ovie