BPKP Kaltara Pantau Implementasi Aplikasi FORSA BUM Desa di Kabupaten Nunukan

NUNUKAN – Tim BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara melakukan Pemantauan Implementasi Aplikasi FORSA Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan. Sebelumnya BUM Desa/BUM Desa Bersama di Pulau Sebatik telah menerima bimbingan teknis manajemen pengelolaan keuangan dengan tools Aplikasi FORSA BUM Desa sebagai sarana perencanaan, pelaksanaan, penyusunan pelaporan keuangan.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kesinambungan dalam memberikan layanan kepada BUM Desa dalam mengimplementasikan aplikasi FORSA BUM Desa pasca pemberian bimbingan teknis.

Hasil dari pemantauan 5 dari 7 BUM Desa yang mengikuti kegiatan mampu menyusun laporan keuangan sampai dengan November 2023 sedangkan 2 BUM Desa masih berproses dalam menyusun laporan keuangan disebabkan oleh kecukupan data yang belum memadai. Kondisi ini terjadi karena sebagian pengurus BUM Desa adalah pengurus yang baru, dan belum memperoleh keseluruhan data keuangan dari pengurus sebelumnya. Hal ini perlu menjadi perhatian dalam proses pembinaan selanjutnya yang perlu juga melibatkan upaya pemantauan secara berkelanjutan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

 

(Kominfo BPKP Kaltara/Bidang AN)