Exit Meeting atas Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemda Tahun 2022 di Pemkab Bulungan

BULUNGAN - Sehubungan dengan adanya pelaksanaan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2022 atas Peraturan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2022, Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Rusdy Sofyan beserta Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Keuangan Daerah (APD) dan tim evaluasi melakukan exit meeting atas Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2022 bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan yang pada kesempatan kali ini di wakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Errin Wiranda dan Inspektur Daerah Kabupaten Bulungan, Ibramsyah di Ruang Rapat Inspektorat Daerah Kabupaten Bulungan, Selasa (29/3). Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Pada kesempatan, Kaper BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Rusdy Sofyan memaparkan terkait Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Kabupaten Bulungan Tahun Anggaran 2022. Ada 3 fokus tema evaluasi yang dilakukan oleh BPKP yaitu tentang Pendidikan, Kesehatan dan Ketahanan Pangan.

"Terdapat 4 (empat) simpulan evaluasi, yakni 1) Potensi inefektifitas dari sisi perencanaan dan penganggaran daerah; 2) Potensi inefisien dari sisi perencanaan dan penganggaran daerah; 3) Permasalahan dalam perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah (AoI); serta 4) Rekomendasi perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah," papar Rusdy.

Adapun maksud dari exit meeting atas Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2022 adalah untuk mengkomunikasikan hasil evaluasi agar dapat ditindaklanjuti sesegera mungkin guna menjaga akuntabilitas tata kelola keuangan daerah yang efisien dan efektif.

 

(Kominfo BPKP Kaltara)