Sinergi dan Kolaborasi BPKP-KPK-Kemendagri Berantas Korupsi

Manokwari (03/04/2024)- Dalam rangka pelaksanaan program pemberantasan korupsi terintegrasi di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya, Satuan Tugas Direktorat Koordinasi Supervisi Wilayah V KPK bersama Itjen Kemendagri melakukan kunjungan kerja ke kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat di Manokwari. Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Lepot Setyanto beserta jajaran.

Pada kunjungan tersebut, ketiga instansi melakukan Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Daerah. Dalam rapat koordinasi ini, Kepala Perwakilan BPKP Lepot Setyanto memaparkan hasil pengawasan secara umum di Papua Barat dan Papua Barat Daya, termasuk di dalamnya hasil evaluasi atas pengelolaan Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang telah dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah V Dian Patria beserta jajaran menjelaskan strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Di akhir acara BPKP, KPK dan Kemendagri sepakat dan berkomitmen untuk tetap melanjutkan kerja sama, koordinasi, kolaborasi dan sinergi dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi serta peningkatan tata kelola pemerintahan, termasuk di dalamnya pengawasan atas Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Sjachroel Hidhayat Siregar, Pengendali Teknis I Putu Alit Putrawan dan beberapa PFA Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

(Kominfo BPKP Pabar)