Pemprov PBD Dukung Pembangunan Gedung Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Daya

Sorong (20/02/2024)- Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Lepot Setyanto bersama Tim Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) melakukan pertemuan dengan Pj. Gubernur Papua Barat Daya (PBD), Muhammad Musa’ad di Kota Sorong, dalam rangka entry meeting pelaksanaan penugasan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) Tahun 2024 sekaligus melakukan koordinasi pelaksanaan kerja sama dan membahas persiapan rencana pembukaan kantor perwakilan BPKP di daerah otonomi baru Provinsi Papua Barat Daya.

Dalam entry meeting Evran tersebut, Lepot Setyanto menyampaikan latar belakang, maksud dan tujuan evran, ruang lingkup serta fokus pelaksanaan evaluasi yaitu atas perencanaan dan penganggaran pada dua sektor yakni sektor pengentasan kemiskinan dan sektor penurunan prevalensi stunting.

Pada pertemuan tersebut Musa’ad menyambut baik dan mendukung pelaksanaan evran pada Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya serta pihaknya berkomitmen untuk bekerja sama menyediakan data dan dokumen yang diperlukan, serta nantinya akan menindaklanjuti hasil evran BPKP sesuai rekomendasi yang diberikan untuk perbaikan perencanaan dan penganggaran pada Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Musa’ad juga menyampaikan harapannya agar BPKP dapat terus bekerja sama membantu Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dalam peningkatan tata kelola pemerintahan, pengelolaan keuangan, pengelolaan aset, pengawasan keuangan dan pembangunan di Papua Barat Daya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja sama dan bantuan yang telah diberikan. Ke depan pihaknya tetap memerlukan kerja sama dengan BPKP, antara lain dalam hal penyelenggaraan SPIP, pengelolaan keuangan, pengelolaan aset daerah, penyelenggaraan manajemen risiko, pelaksanaan pengawasan dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas Inspektorat (APIP) untuk meletakkan dasar dan pondasi yang kuat sebagai daerah otonomi baru, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel di Provinsi Papua Barat Daya.

Tak hanya itu, Kepala Perwakilan Lepot Setyanto dan Pj Gubernur Muhammad Musa'ad juga kembali melakukan pembahasan tentang persiapan rencana pembukaan Kantor Perwakilan BPKP di Provinsi Papua Barat Daya.

Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya mengharapkan untuk dapat segera dibuka Kantor Perwakilan BPKP di Provinsi Papua Barat Daya. Untuk mendukung hal tersebut, Musa’ad menyampaikan bahwa pihaknya telah menandatangani surat permohonan pembukaan Kantor Perwakilan BPKP kepada Kepala BPKP, di dalam surat tersebut juga menyebutkan komitmen Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya untuk menyediakan lahan tanah untuk keperluan pembangunan kantor BPKP di Kota Sorong.

Pada kunjungan kerjanya ke Kota Sorong, Kepala Perwakilan BPKP Lepot Setyanto juga melakukan pertemuan dengan Pj Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Daya Edison Siagian beserta jajaran untuk berkoordinasi secara lebih teknis tentang pelaksanaan evran serta membahas kerja sama antara Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dalam rangka peningkatan tata kelola pemerintahan, pengelolaan keuangan, pelaksanaan pengawasan keuangan dan pembangunan di Papua Barat Daya.

Kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat di Sorong didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Robertus Gatot Megantoro, Subkoordinator PBRK Rahman, Auditor Madya I Putu Alit Putrawan, dan beberapa orang auditor yang melaksanakan tugas evran, pembinaan dan evaluasi SPIP, pembinaan APIP dan tugas lainnya di Sorong.

(Kominfo BPKP Pabar)