Dibimbing BPKP, Inspektorat Kabupaten Teluk Wondama Optimis Raih Kapabilitas APIP Level 3

Manokwari (31/10/2023)- Inspektur Kabupaten Teluk Wondama Palino Phiter Lambe bersama tim memaparkan Hasil Evaluasi Peningkatan Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Teluk Wondama di hadapan Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat dan tim panel evaluasi jenjang pertama di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Acara ekspos panel pada tingkat evaluator jenjang pertama atas hasil penilaian mandiri kapabilitas APIP kembali digelar setelah sebelumnya enam inspektorat daerah di wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya telah memaparkan hasil evaluasi Kapabilitas APIP-nya.

BPKP selalu mendorong APIP untuk melakukan penilaian mandiri dalam rangka mempercepat dan meningkatkan level kapabilitas APIP dengan salah satu tahapannya adalah ekspos hasil evaluasi jenjang pertama sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 8 Tahun 2021 tentang Penilaian Kapabilitas APIP pada K/L/D.

Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Lepot Setyanto dalam arahannya mengatakan ekspos panel yang diselenggarakan oleh BPKP bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan penilaian mandiri oleh Tim Inspektorat Kabupaten Teluk Wondama serta memberikan masukan atas hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh Tim Evaluator Perwakilan BPKP.

“Nanti tim panelis akan memberikan masukan atau penajaman dari apa yang disampaikan. Harapannya, saran dan masukan tersebut untuk bisa segera ditindaklanjuti” kata Lepot.

Dalam panel tersebut, Inspektur Kabupaten Teluk Wondama Palino Piter Lambe berkomitmen untuk terus memperbaiki kapabilitas APIP sesuai arahan BPKP.

“Kami bersyukur juga BPKP terus menerus memberikan pendampingan terhadap kami. Kami juga selalu mendapat saran dan masukan.” ujar Palino.

Dirinya optimis Inspektorat Kabupaten Teluk Wondama dapat meraih Kapabilitas APIP Level 3.

(Kominfo BPKP Pabar)