BPKP Malut Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara mengikuti puncak acara Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia. Puncak acara GBBI ini diselenggarakan di Benteng Orange, Ternate, pada Kamis pagi (13/10/2022). Penyelenggara dari GBBI ini yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bekerja sama dengan Pemprov Malut dan Bank Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Samsuddin A Kadir. Dalam sambutannya, Sekprov menyampaikan bahwa Harvesting Gernas Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan di Malut ini merupakan penghargaan sekaligus wujud komitmen dalam mendorong penggunaan produk dalam negeri, khususnya UMKM.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam video testimoni menuturkan bahwa penggunaan produk dalam negeri ini menambah rasa kebanggaan terhadap Indonesia sehingga hal ini perlu terus dilakukan melalui aksi afirmasi pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri dimulai dari masyarakat, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan melalui virtual bahwa GBBI ini mendorong kesejahteraan UMKM serta untuk meningkatkan perekonomian daerah sehingga dihimbau untuk seluruh masyarakat di Maluku Utara menggunakan produk dalam negeri. Lanjutnya,  Menkomarivest menjelaskan bahwa  berdasarkan data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), realisasi belanja PDN secara nasional masih rendah dan di Maluku Utara masih terbilang rendah. Realisasi belanja PDN tertinggi per 10 Oktober 2022 baru sebesar 28,35 persen di Kabupaten Pulau Morotai.

Hal senada, Menteri Desa, PDTT, Halim Iskandar menyampaikan bahwa sudah jelas instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menghimbau seluruh masyarakatnya untuk menggunakan produk dalam negeri. Lanjutnya, Mendes, PDTT ini menyampaikan bahwa melalui GBBI ini menghimbau kepada masyarakat Maluku Utara untuk membeli, menggunakan, dan memanfaatkan produk dalam negeri di mulai dari makanan dan pakaian yang berasal dari UMKM setempat.

Rangkaian kegiatan turut ditampilkan dalam memeriahkan acara puncak pada hari ini, diantaranya tarian khas Malut, fashion show dari rumah tenun Puta Dino Kayangan, Tidore, pameran UMKM, hingga penyerahan penghargaan oleh Menteri Desa, PDTT.

Dalam hal ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto berharap dengan adanya kampanye GBBI di Maluku Utara bisa meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Lanjutnya, Edy menambahkan bahwa dalam kegiatan pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara selalu menghimbau kepada Pemda untuk menggunakan produk dalam negeri.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Desa, PDTT, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Walikota Ternate, Walikota Tidore Kepulauan,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Kepala Bank Indonesiadan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Desa, PDTT.

(Kominfo BPKP Malut/April)