BPKP Malut Kawal Pengelolaan Keuangan Halteng dengan FMIS/SIMDA Next G

Bertempat di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara memberi arahan dalam penutupan kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Financial Management Information System (FMIS) atau SIMDA Next-Generation pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah pada Kamis siang (21/04/2022). Bimtek ini telah digelar selama 3 hari dimulai pada tanggal 19 April sampai dengan 21 April 2022, dengan narasumber Tim SIMDA BPKP Maluku Utara dan diikuti oleh seluruh OPD se-Kabupaten Halmahera Tengah. FMIS  merupakan pengembangan Simda Keuangan yang berbasis web, tidak lagi berbasis desktop. Simda Next-G telah mencakup mulai dari perencanaan, penatausahaan  dan pelaporan keuangan pemerintah daerah.

Dalam arahannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa BPKP akan selalu hadir bermanfaat dalam menjawab kebutuhan Pemerintah Daerah dengan mengawal akuntabilitas tata kelola pemerintah daerah, salah satunya adalah mendampingi Pemerintah Daerah dalam implementasi Aplikasi FMIS mulai penyusunan perencanaan, penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan keuangan. Aplikasi FMIS akan selalu dikembangkan sesuai dengan perkembangan peraturan pengelolaan keuangan daerah. Edy berharap dengan adanya kegiatan Bimtek ini pada pengelola keuangan OPD mampu melakukan proses input penatausahaan data APBD Tahun 2022 ke dalam Aplikasi FMIS dengan segera, sehingga proses penatausahaan APBD Tahun 2022 sampai dengan penyusunan LKPD Tahun 2022 Aplikasi FMIS dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Sementara Kepala BPKAD Kabupaten Halmahera Tengah Drs. Abdurrahim Yau., M.Si menyampaikan apresiasi kepada Tim BPKP yang selalu membantu, mendampingi dan membimbing para OPD dalam tata kelola keuangan daerah. Lanjutnya, Abdurrahim mengaku bahwa penyelenggaraan kegiatan Bimtek FMIS di Kabupaten Halmahera Tengah sangat bermanfaat bagi OPD di Pemkab Halteng sehingga dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah di Halmahera Tengah. Abdurrahim berharap OPD segera  dapat mengimplementasikan ilmunya di lingkungan kerjanya. Lanjutnya Abdurrahim menyampaikan bahwa Pemda Halteng akan selalu siap untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah daerah.

(Kominfo BPKP Malut/April)