BPKP Maluku Utara Lakukan Simulasi Pemadam Kebakaran

Dalam rangka mitigasi risiko kebakaran di tempat kerja, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ternate menyelenggarakan simulasi pemadamankebakaran pada Jumat pagi (21/01/2022). Simulasi ini diikuti oleh seluruh pegawai dan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara. Pembukaan acara simulasi pemadam kebakaran ini berlangsung di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan,simulasi ini merupakan sebuah langkah awal mitigasi risiko terjadinya kebakaran di lingkungan kantor agar para pegawai tidak mengalami kepanikan apabila terjadi kebakaran di kantor. Selanjutnya, Edy berharap bahwa seluruh pegawai yang hadir dapat menambah ilmu terkait langkah awal memadamkan api dan diharapkan para pegawai dapat mempraktikkan pemadaman api pada simulasi. Kegiatan dilanjutkan pemberian materi Pengenalan Apidan Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)oleh tim dari Dinas KebakaranKota Ternate.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemadamankebakaran di halaman Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara. Sebelum simulasidimulai, pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara diberikan penjelasan terkaittahapan-tahapan menghadapi si jago merah. Tahapan ini meliputi cara memegang Karung Gonibasah sebagai alat pemadaman kebakaran sederhana, dengan cara Karung Goni basahditutupkan pada sumberapidan membaca kondisi angin sebelum melakukan pemadaman.Tidak hanya menggunakan Karung Goni saja, pada simulasi ini juga diberikan contoh tahapan memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Beberapa pegawaidan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utaramempraktikkan caramemadamkan api menggunakan Karung Goni dan menggunakan APAR. Semoga dengan simulasi pemadaman kebakaran, pegawai mempunyai pengetahuan dan keberanian dan dapat menjadi bagian dalam penanggulangan risiko kebakaran sehingga risiko kebakaran dapat ditekan seminimal mungkin.

(Kominfo BPKP Malut/April)