BPKP Malut Gelar Mapping Potensi dan Kompetensi Bagi Para ASN

Pagi ini (8/12) Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan  Mapping Potensi dan Kompetensi untuk pegawainya. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari dimulai pada tanggal 8 Desember – 9 Desember 2021. Acara ini dibagi menjadi tiga sesi. Mapping Potensi dan Kompetensi ini dilaksanakan di seluruh Perwakilan BPKP dan seluruh unit kerja BPKP.

Bertempat di Aula Kantor, kegiatan ini dibuka oleh Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Zulkifli. Pada kesempatan ini Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat menemukan link and match antara kompetensi pegawai dengan jenis pekerjaannya. Selain itu Zulkifli menambahkan bahwa kegunaan mapping di antaranya sebagai database kepegawaian dan bahan dalam pengambilan keputusan pimpinan untuk menentukan pola penempatan mutasi dan promosi sesuai dengan potensi dari pegawai yang bersangkutan.Lanjutnya, Zulkifli menyampaikan bahwa tes ini akan dibagi menjadi tiga sesi, setiap sesi akan mengerjakan soal selama empat jam sehingga para pegawai dihimbau untuk mempersiapkan dirinya secara baik dan mengerjakan soal secara sungguh-sungguh agar menghasilkan gambaran potensi yang tepat.

Pada kesempatan yang sama terdapat dua Assesor SDM Biro SDM BPKP Sheni Desinta dan Rizki Kharisma Praresnika. Sheni Desinta menjelaskan tata cara pelaksanaan test para peserta mapping. Selain itu Sheni juga menuturkan bahwa hasil mapping yang diselenggarakan seluruh unit kerja BPKP akan dimasukan ke dalam riwayat pengembangan kompetensi pada aplikasi MAP BPKP.

Kegiatan mapping potensi ini akan diikuti oleh 55 pegawai sementara mapping  kompetensi telah diikuti oleh pejabat struktural,koordinator pengawasan dan pengendali teknisyang pada mapping sebelumnya.   (Komifo BPKP Malut/April)