Kajian Bulanan BPKP Kalteng: Ibadah dan Etos Kerja

Palangka Raya (26/01) – Segenap insan muslimin dan muslimah BPKP Kalteng menghadiri kajian bulanan dengan tema Ibadah dan Etos Kerja. Kegiatan yang diadakan oleh pengurus Mushola Baitussalaam BPKP Kalteng ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta aplikasi nilai-nilai agama dalam konteks profesionalisme di tempat kerja.

Kajian yang berlangsung di Aula BPKP Kalteng tersebut diawali dengan lantunan lagu religi yang dibawakan oleh Rawakayu Band yang beranggotakan para pegawai internal, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Farah Hania selaku auditor pada bidang Instansi Pemerintah Pusat BPKP Kalteng, selanjutnya sambutan dari Plt. Kepala Perwakilan, Hanggara Atmana yang menyampaikan pentingnya keseimbangan antara ibadah dan etos kerja dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan di Bumi Tambun Bungai.

Hadir sebagai pembicara dalam kajian, Ustadz Dr. Akhmad Supriadi yang merupakan pendakwah sekaligus Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Palangka Raya. Dalam paparannya, Ustadz Akhmad menjelaskan betapa pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan ibadah sebagai landasan utama dalam setiap aktivitas, termasuk dalam dunia kerja. Karena dengan memperkuat ibadah kita juga memperkuat pondasi moral dan etika dalam bekerja. Etos kerja yang berkualitas tidak hanya mencakup kinerja yang baik, tetapi juga integritas, kejujuran, dan tanggung jawab.

Mengakhiri kajian, berlangsung sesi tanya jawab antara para pegawai dengan Ustadz Akhmad terkait penerapan nilai-nilai agama dalam keseharian di lingkungan kerja. Sementara itu, Ketua Pengurus Musholla Baitussalaam BPKP Kalteng, Cucu Supangkat menyampaikan melalui kegiatan kajian bulanan ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi para pegawai BPKP Kalteng untuk terus meningkatkan kualitas ibadah serta menerapkan etos kerja yang lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan keuangan dan pembangunan demi kemajuan Kalimantan Tengah yang lebih baik.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)