BPKP Kalteng Evaluasi Peran BUM Desa dalam Pengembangan Potensi Desa di Kabupaten Barito Utara

Barito Utara (01/09) - Tim dari Bidang Akuntan Negara BPKP Kalteng didampingi rekan-rekan Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Kabupaten Barito Utara melaksanakan evaluasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam pengembangan potensi desa di Kabupaten Barito Utara.

BUM Desa yang berkesempatan untuk BPKP Kalteng datangi adalah BUM Desa "Sengat Lehoy" yang berada di Desa Pelari - Kecamatan Gunung Timang dan BUM Desa “Sikui Berkarya Sukses” yang berada di Desa Sikui - Kecamatan Teweh Baru.

Melalui evaluasi dokumen, wawancara, dan pengamatan langsung yang dilakukan, diharapkan tim dapat memperoleh informasi lebih rinci terkait peran BUM Desa untuk mendukung pengembangan potensi desa menjadi produk unggulan desa, serta menganalisis hambatan, dan memberikan saran perbaikan untuk peningkatan peran BUM Desa dalam pengembangan potensi desa.

Selain itu, evaluasi juga dilakukan untuk memperoleh keyakinan peran BUM Desa dalam pemahaman proses bisnis dengan mengumpulkan bahan bukti mengenai kegiatan operasional, lalu mengevaluasi dan melihat apakah BUM Desa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, terutama peningkatan perekonomian desa berupa peningkatan pendapatan masyarakat.

BUM Desa adalah badan hukum yang didirikan guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu tujuan didirikannya BUM Desa adalah melakukan kegiatan usaha ekonomi berdasarkan potensi desa. Diharapkan dengan adanya BUM Desa dapat memaksimalkan segala bentuk potensi yang dimiliki oleh desa sehingga BUM Desa dapat menjadi motor penggerak perekonomian desa untuk mencapai kemandirian ekonomi desa.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)