BPKP Sulbar Kawal Proyek Bendungan Budong-Budong

 
Mamuju Tengah (06/03/2024) – Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat, Harry Bowo, mengunjungi Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Sulawesi Barat didampingi oleh Korwas Bidang IPP, Pengendali Teknis, serta tim reviu PSN. Berlokasi di Kecamatan Topoyo, pekerjaan PSN Bendungan Budong-Budong saat ini masih dalam proses pembangunan.
 
Pekerjaan pembangunan Bendungan Budong-Budong merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang diharapkan dapat segera diselesaikan dan diresmikan pada tahun ini. Pekerjaan pembangunan meliputi pekerjaan bendungan (main dam) serta jalan akses sejauh 24 km. Sebagai salah satu program strategis pemerintah pusat, pembangunan bendungan ini diharapkan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, sebagai pencegah banjir, penyedia air baku dan dapat menjadi penyedia sumber daya pembangkit listrik tenaga air dengan potensi daya listrik sampai dengan 0,6 Megawatt. Bendungan di Sungai Salule’bo (anak sungai Budong-Budong) seluas 136,77 km2 ini, dimulai pengerjaannya sejak tahun 2020 dan direncanakan selesai tahun 2024.
 
Melihat semakin dekatnya tenggat waktu pelaksanaan kontrak, Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat, Harry Bowo, menghimbau kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek, untuk melakukan percepatan pekerjaan agar proyek ini bisa selesai tepat waktu dan dapat bermanfaat bagi masyararakat.