BPKP Sulbar Jaga dan Tingkatkan Kapabilitas APIP se-Sulawesi Barat

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan capaian kapabilitas APIP di Sulawesi Barat, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat gelar acara workshop aplikasi penilaian kapabilitas APIP bersama dengan Inspektorat se-Sulawesi Barat secara daring melalui zoom meeting. Acara dimulai pukul 09.00 WITA dan dibuka secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu.

Dalam arahannya Manalu sampaikan bahwa dalam mengukur kapabilitas APIP yang terbaru ini secara substansi tidak jauh beda dengan sebelumnya, model sekarang penilaian dipetakan menjadi tiga elemen, yakni dukungan pengawasan, aktivitas pengawasan, dan kualitas pengawasan yang dalam masing-masing elemen mempunyai topik-topik yang berbeda.

Lebih lanjut Manalu menjelaskan elemen-elemen tersebut diharapkan dapat mendukung tujuan SPIP yaitu efektivitas dan efisiensi, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Selain itu diharapkan dari aplikasi ini akan menghasilkan laporan triwulanan kapabilitas APIP dan Laporan tahunan penilaian mandiri.

Setelah dibuka oleh Kepala Perwakilan, workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Auditor BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Toni Pebriansya yang dimoderatori oleh Ajis Khusori selaku Korwas JFA Bidang P3A. Pada sesi ini dijelaskan tata cara pengisian profil APIP pada aplikasi yang nantinya dapat menghasilkan laporan triwulanan dan penilaian mandiri oleh APIP yang nantinya menghasilkan laporan penilaian mandiri kapabilitas APIP. Acara dilanjutkan dan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab.