Manajemen Talenta Dukung Capaian Tujuan Strategis BPKP

 Acara dibuka oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, yang menyampaikan diperlukan sistem informasi untuk mengolah, mengelola dan menyajikan informasi tentang kinerja dan potensi yang dimiliki pegawai sehingga talenta dan pengembangan potensi pegawai dapat diketahui diketahui secara terstruktur dan hasilnya dapat digunakan dalam peningkatan kinerja BPKP.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Astried Rachmadina selaku Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil BKN dengan topik “Best Pratice Manajemen Talenta Nasional”. Dalam hal ini Astrie Rachmadina menyampaikan ruang lingkup talent management yaiturecruitment, development, retention, placement. Astried Rachmadina juga menyampaikan rencana pengembangan merit based national civil apparatus information system (SIASN) berupa peremajaan data ASN, Pindah Instansi, Data Riwayat, Warning & Monitoring, Competency Gaps, serta Peta Jabatan Lengkap.

Materi selanjutnya disampaikan oleh staf pada Biro SDM BPKP, Siska Sari Widuri dengan topik “Management Implementation and the Required Information System”. Siska menyampaikan bahwa talenta ditetapkan berdasarkan: (1) Pemeringkatan kinerja dalam kategori status kinerja yang terdiri dari: di atas ekspektasi, sesuai ekspektasi, dan di bawah ekspektasi, (2) Penentuan tingkatan potensi dalam kategori tinggi, menengah, dan rendah melalui assessment center, uji kompetensi, rekam jejak jabatan, dan pertimbangan lain sesuai kebutuhan insntasi nasional

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan arahan dari Sekretaris Utama BPKP, ErnadhiSudarmanto dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber, Farina Pane, seorang praktisi di bidang manajemen talenta. Farina menjelaskan bahwa manejemen talenta adalah serangkaian mekanisme yang terdiri atas proses analisiskebutuhan talenta,identifikasi talenta,pengembangan dan pemanfaatan talenta, dan pemantauaan dan evaluasi yang dilaksanakan untuk mendukung pencapaian tujuan strategi BPKP.Analisis kebutuhan talenta bertujuan untuk menetapkan kebutuhan talenta yang akan dikelola,dikembangkan atau dimanfaatkan serta proses pengumpulan dan analisis data atau informasi yang bertujuan untuk menentukan status talenta,serta memperbaiki sistem dan prosedur manajemen talenta.Pengembangan dan pemanfaatan talenta sangat diperlukan dalam rangka mendukung pencapaian tujuan strategis BPKP.

Kegiatan selama dua hari ini diikuti oleh para Kepala Biro, Direktur, Kepala Perwakilan, pejabat struktural dan pegawai di lingkungan BPKP.