Panel Tingkat Pusat Menjamin Peningkatan Kualitas Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Daerah

Panel dimulai pukul 10.00 WITA bersama dengan Perwakilan BPKP lainnya, sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu didampingi Korwas JFA Bidang APD dan Tim Evaluator memaparkan hasil evaluasi perencanaan dan penganggaran yang telah dilakukan pada 3 (tiga) pemerintah daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Hasoloan Manalu menyampaikan hasil evaluasi dari tim, meliputi area-area perbaikan mulai dari sasaran pemerintah daerah, sasaran OPD, program, kegiatan sampai dengan sub kegiatan dan hasil analisis efektivitas dan efisiensi dari masing-masing sub kegiatan.

Setelah paparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama dengan Tim QA dari BPKP Pusat. Panel tingkat pusat ini dilakukan sebagai salah satu upaya penjaminan kualitas hasil evaluasi, dimana sebelumnya telah dilakukan reviu secara berjenjang dan diskusi panel di tingkat Perwakilan BPKP atas hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim. Dengan adanya panel ini diharapkan kualitas hasil evaluasi meningkat dan perencanaan dan penganggaran di daerah lebih mendahulukan subtance over form dibandingkan dengan hanya berkutat dengan dokumen. Dampak lebih luas yang diharapkan adalah agar anggaran daerah benar-benar dialokasikan secara tepat dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan harapan Presiden agar setiap Rupiah belanja negara dan daerah harus memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat, salah satunya sebagai wujud akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan nasional dan daerah.