BPKP Serahkan Laporan Hasil Pengawasan kepada Pj. Gub Bangka Belitung

PANGKALPINANG (23/02) - Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung Faeshol Cahyo Nugroho, didampingi seluruh Koordinator Pengawasan dan Kabag Umum menyerahkan langsung Laporan Hasil Pengawasan Semester II Tahun 2023 kepada Pj. Gubernur Bangka Belitung, Safrizal di Rumah Dinas Pj. Gubernur Bangka Belitung. Pj. Gubernur hadir didampingi oleh Kepala Badan Keuangan Daerah dan Inspektorat.

Pada kesempatan ini, Kaper juga memaparkan Hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah Tahun 2023. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, 46,45% dari anggaran yang dievaluasi pada seluruh pemda provinsi/kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dialokasikan untuk belanja yang manfaatnya tidak langsung diterima masyarakat (indirect) serta masih adanya potensi ketidakefektifan dan inefisiensi belanja.

BPKP berharap Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menggali potensi daerah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan PAD contohnya menggali potensi penerimaan pajak sarang burung walet. 

Pj. Gubernur menyampaikan terima kasih kepada BPKP Babel atas kegiatan pengawasan yang telah dilaksanakan dan akan menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang diberikan.