BPKP Babel hadiri Launching Siswaskeudes sekaligus Peningkatan SPIP di Belitung

Pada hari Kamis, 4 November 2021, bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Belitung, dilaksanakan kegiatan Pencanangan Nilai Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi dan Launching Aplikasi Siswaskeudes Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun 2021, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan dari DPRD Kabupaten Belitung, serta seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ikhwan Mulyawan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belitung atas inisiatif untuk meningkatkan maturitas penyelenggaraan SPIP serta untuk penggunaan Siswaskeudes sebagai tools untuk membantu APIP melaksanakan pengawasan kepada seluruh desa di wilayah Kabupaten Belitung.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, menyampaikan bahwa pegawai pemerintah daerah perlu memiliki jiwa governance entrepreneurship, yang memberikan kemudahan dalam pelayanan, memiliki Key Performance Index yang jelas, sekaligus memiliki pengawasan internal yang baik.

Dalam acara ini, turut dilaksanakan penandatanganan Kerjasama antara Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Inspektorat Kabupaten Belitung dalam rangka Pembinaan dan Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP, serta penandatanganan komitmen antara kepala OPD dengan Bupati Belitung terkait peningkatan nilai maturitas penyelenggaraan SPIP.

Acara ini dilanjutkan dengan bimbingan teknis mengenai SPIP Terintegrasi kepada seluruh perwakilan OPD oleh bidang APD dan Bidang Investigasi selama dua hari hingga tanggal 5 November 2021. Diharapkan melalui kegiatan bimbingan teknis tersebut, para perwakilan OPD dapat memperoleh gambaran mengenai proses penilaian SPIP Terintegrasi yang mengintegrasikan penilaian SPIP, MRI, dan IEPK menjadi satu.