BPKP Kepri Bimbing Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Manajemen Risiko pada Pemerintah Karimun

BATAM (13/07/2023) – Sedia payung sebelum hujan. Sebuah peribahasa yang berarti bersiap sedia sebelum terjadi yang kurang baik. Sebuah peribahasa yang sudah sering kita dengar sejak kecil dari ayah, ibu dan para guru. Ternyata manajemen risiko tidak seasing itu.

Kamis, 13 Juli 2023, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Manajemen Risiko pada Pemerintah Kabupaten Karimun. Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau yang diwakil oleh Auditor Madya dan Auditor Muda dari Bidang P3A menerima kedatangan stakeholders yang berasal dari 10 OPD dari Kabupaten Karimun, antara lain Inspektorat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perhubungan, dll.

Kegiatan dibuka oleh Mindarto Totok, Pengendali Teknis dari Bidang P3A. Totok mengapresiasi kehadiran dari seluruh peserta kegiatan yang hadir. Disampaikan juga bahwa komitmen dalam penyelenggaraan manajemen risiko merupakan hal terpenting sehingga terdapat suatu siklus yang going concern. 

Rangkaian kegiatan selanjutnya diisi dengan pemaparan materi mengenai overview manajemen risiko di Pemerintah Daerah serta dilanjutkan dengan simulasi proses pengelolaan risiko dan penyusunan laporannya. 

Di atas itu semua, hal terpenting dari kegiatan ini adalah praktik penerapan manajemen risiko itu sendiri. Proses identifikasi risiko, analisis risiko, penyusunan rencana tindak pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan, tidak berhenti sebatas teori, namun menjadi praktik setiap hari. Pengelolaan risiko yang baik akan memampukan Pemerintah Daerah untuk dapat mengantisipasi dan mengatasi perubahan yang tidak terduga, mengurangi kemungkinan kegagalan dan membantu Pemerintah Daerah agar dapat mencapai tujuannya sesuai visi dan misi Kepala Daerah.

Kegiatan bimbingan teknis diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab, yang diikuti secara antusias oleh peserta kegiatan. 

 

 

 

 

(Kominfo BPKP Kepri)