Pelepasan Bantuan Kemanusiaan ke Sudan dan Palestina

Jakarta 03 April 2024,Bertempat di Lapangan Udara TNI Halim Perdana Kusumah, Deputi Kepala BPKP Bidang PIP  Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto dan Direktur  Pengawasan Bidang Politik dan Penegakan Hukum, Ikhwan Mulyawan menghadiri pelepasan misi bantuan kemanusiaan bertajuk “Humanitarian Aid from The Indonesia Government to the Egyptian Goverments as a sympathy and Brotherhood from The Indonesia People to Palestinian Refugees in Egypt” yang dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Misi ini merupakan respon permintaan bantuan resmi dari Pemerintah Mesir dan Sudan untuk mengatasi krisis dalam konflik internal di Sudan dan pengungsi Palestina yang berada di Mesir.

Bantuan yang diberikan berupa obat-obatan dan alat kesehatan senilai Rp30,5 miliar. Presiden menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian serta keterlibatan aktif Indonesia dalam visi dan misi kemanusiaan baik akibat perang maupun bencana.

Menurut Presiden, Indonesia turut prihatin atas peristiwa kemanusiaan dan konflik yang terjadi di Gaza dan konflik internal di Sudan yang telah menimbulkan banyak korban serta mendorong agar perdamaian cepat terlaksana.

Iwan Taufiq Purwanto menyampaikan bahwa BPKP akan menjaga akuntabilitas pemberian bantuan kemanusiaan ini. “Proses penganggaran, pengadaan, pengiriman dan pertanggungjawaban bantuan akan kita kawal. Kita juga akan memberikan masukan terutama ke BNPB dan Kemenko PMK terkait pengawasan BPKP” tutur Iwan Taufiq Purwanto.