Penyerahan Lapwas BPKP Papua Kepada Pj. Gubernur Papua Tengah

NABIRE – (21/02) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Zainuri menyerahkan Ikhtisar Hasil Pengawasan Tahun 2023 Provinsi Papua Tengah kepada Pj. Gubernur Papua Tengah, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik, S.STP, MM. serta didampingi oleh Inspektur Provinsi Papua Tengah  Drs. Semuel Rihi, M.Si, di ruang Rapat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah. Laporan ini merupakan sintesis hasil pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Papua pada Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Papua.

Pada kesempatan itu, Zainuri juga menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah pertama, di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) terdapat target-target yang harus dipenuhi pemerintah daerah. Hasil pengawasan yang kami sampaikan dalam Ikhtisar Hasil Pengawasan Tahun 2023 Provinsi Papua Tengah ini masih terdapat hal-hal yang paling tidak dapat menghambat pencapaian target-target yang telah ditetapkan tersebut. Hambatan-hambatan tersebut seyogyanya dimitigasi. Jika tidak dapat menghilangkan hambatan, setidaknya dapat diminimalisir. Harapan kami, rekomendasi-rekomendasi yang dapat menghilangkan hambatan-hambatan dimaksud yang kami tuangkan dalam Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2023 dapat ditindaklanjuti.

Kedua, Perwakilan BPKP Provinsi Papua mengucapkan terimakasih untuk persiapan pembangunan Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua Tengah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyetujui dua Daerah Otonomi Baru (DOB) yaitu Provinsi Papua Tengah dan Papua Barat Daya. Instansi yang telah disetujui antara lain Kepolisian dan BPKP. Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih kepada Pj.Gubernur Papua Tengah yang telah menyampaikan Surat Komitmen yang menjadi salah satu syarat administratif yang diminta oleh Kementerian PANRB.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah yang mewakili Pj. Gubernur Papua Tengah serta didampingi oleh Inspektur Provinsi Papua Tengah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Papua atas bantuan dan dukungannya selama ini, dan Pemerintah Provinsi Papua Tengah akan membantu proses kelancaran pembangunan kantor Perwakilan BPKP Provinsi Papua di Provinsi Papua Tengah.

(Kominfo BPKP Papua)