Isu Aktual Pengawasan Desa dan Kebijakan Pengawasan Desa

JAYAPURA - (25/10) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Zainuri diundang sebagai Pembicara dalam Pelatihan Pengawasan Keuangan Desa yang diselenggarakan oleh inspektorat Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri) di Aula Hotel Horison Ultima Entrop Papua Jayapura.

Zainuri didampingi oleh Korwas Bidang APD 2, Abdul Rofiek disambut kedatangannya oleh Itjen Kemendagri, Drs. Sappe Pakpahan, M.Si.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh Pakpahan, kemudian dilanjutkan dengan paparan yang dibawakan oleh Zainuri dengan Tema “Isu Aktual dan Pengawas Keuangan Desa”.

Dalam Paparannya, Zainuri mengatakan bahwa salah satu tugas Pengawas / Auditor itu adalah memastikan bahwa Dana Desa sudah digunakan sesuai dengan sasarannya. Dalam hal ini BPKP selalu melakukan Monitoring atas Dana Desa, namun dengan kondisi wilayah di Papua yang sangat luas dengan lebih kurang 5560 desa, BPKP belum dapat menjangkau ke semua desa.

Zainuri yakin Kondisi Desa akan berubah menjadi lebih baik jika Dana Desa digunakan sesuai dengan peruntukannya. Dengan itu diharapkan agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung beserta Pendamping Desa untuk mengawal penggunaan Dana Desa ini.

Zainuri lalu membuka sesi pertanyaan atas paparannya. Pertanyaan diajukan oleh 3 inspektorat yang berasal dari Kabupaten Supiori, Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Yalimo.

Sebelum meninggalkan acara, Zainuri mengadakan foto Bersama dengan para APIP yang akan mengikuti pelatihan pengawasan.

(Kominfo BPKP Papua/AMN)

n