BPKP Sultra Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Kab. Buton Selatan

Tabe Sobwas Meohai

 

Batauga (2/8) – Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara melalui bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD), kembali menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Kabupaten Buton Selatan, dengan tema "Pengelolaan Keuangan Desa Yang Akuntabel Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Desa Yang Berkelanjutan Melalui Bumdes". Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj Bupati Buton Selatan, Laode Budiman, S.KM, M.Kes. Dalam sambutannya Laode Budiman mengungkapkan "Momen Workshop ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh kepala desa, apalagi saat ini di Buton Selatan ada progres yang cukup besar, dan peluang setiap desa untuk meningkatkan PADnya khususnya, dari objek wisata. Dalam semangat membangun desa harus diikuti dengan pemahaman dalam mekanisme pengelolaan keuangan dana desa serta regulasi yang berlaku, agar terwujud pengelolaan dana desa yang akuntabel dan transparan." Selain itu, PJ Bupati Busel juga meminta kepada Kepala Desa serta perangkatnya, untuk terus menampung aspirasi masyarakat desa, dan bersinergi dalam membangun perekonomian desa.

Setelah kegiatan resmi dibuka oleh PJ Bupati Busel, dilanjutkan dengan pemberian plakat kenang-kenangan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Panut, kepada seluruh Narasumber Workshop yang hadir dan bertindak sebagai narasumber dalam workshop tersebut yakni Anggota DPD/MPR RI  Dr. H. Mz . Amirul Tamimn, M.Si.  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Panut Ak. Msi., Kepala Bidang PPA II Kantor Wilayah Direktorat Jendral  Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Andi Khairuddin , SE, Ak., serta mengikuti melalui daring Inspektur Jendral Kemendesa, PDTT RI, Teguh, S.H., M.H.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Panut, berkesempatan memperkenalkan program BUMDes Gula Merah (Badan Usaha Milik Desa yang Unggul dan Akuntabel, Masyarakat Desa Sultra Sejahtera) yang disambut dengan tepuk riuh dari para peserta workshop. “BUMDes yang sudah menjadi Unggul dan Akuntabel akan banyak pihak berdatangan ke BUMDes tersebut untuk memberikan modal, kerja sama dan lain-lain, sehingga akan memberikan kontribusi ke Desa dan mensejahterakan masyarakat” ungkap Panut.

Kegiatan ini diikuti oleh segenap Forkopimda, Camat, Kepala Desa dan Bumdes se Kabupaten Buton Selatan.

 

 

Tim APD

#bpkp #bpkpsultra #hadirbermanfaat #kianbermakna #adaptifbernilai

 

 

(dk)