Tingkatkan Pengelolaan Keuangan yang Akuntabel dengan FMIS

Manado (17/10/22) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terus berkomitmen meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam pengelolaan keuangan bagi jajaran bendahara dan perencana pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Impelementasi Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) pada Pengelolaan Keuangan, diharapkan pengelolaan keuangan mulai dari penganggaran, penatausahaan, sampai pertanggungjawaban dan pelaporan dapat berjalan efektif dan efisien.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut menyampaikan agar para peserta dapat mengikuti pembelajarandengan baik dan serius. Ia meminta agar menghargai kesempatan yang diberikan dan berharap pembelajaran yang didapatkan bisa diimplementasikan dalam tugas di Pemkab Sitaro.

“Hargailah kesempatan dengan bekerja, baik karena itu merupakan prestasi dan perwujudan atas apa yang diperoleh dalam bekerja maupun pembelajaran”, ujar Bupati.

Pada kesempatan itu juga, Bupati mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan BPKP yang selalu siap dalam memberikan pendampingan dalam hal pengelolaan keuangan maupun hal lainnya kepada Pemkab Sitaro.

“Apresiasi kepada BPKP untuk ilmu serta pendampingan yang selalu diberikan kepada Pemkab Sitaro”, tutup Bupati.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk tahun 2022, BPKP sudah mengarahkan kepada setiap pemda yang menggunakan aplikasi FMIS agar menginput data semaksimal mungkin. Aplikasi FMIS sendiri merupakan aplikasi SIMDA Next-G yang dikembangkan dari aplikasi SIMDA yang sudah dibangun BPKP sejak 2003.

BPKP menjalankan fungsi consulting akan terus berkomitmen memberikan pendampingan terkait peningkatan kompetensi aparatur di Pemkab Sitaro. Karena itu melalui kegiatan ini diharapkan akuntabilitas keuangan yang efektif dan efisien dapat terwujud.

Senada dengan Bupati, Kaper juga meminta agar para peserta dapat mengikut kegiatan dengan serius dan cermat agar ilmu serta materi yang diperoleh dapat membantu proses pengelolaan keuangan daerah serta akuntabilitasnya dapat ditingkatkan.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPKPD Sitaro Rolly Korongkeng, Korwas Bidang APD BPKP Sulut Glenn Davies Siwu beserta tim, dan para peserta yang merupakan bendahara pengeluaran dan staf perencana di masing-masing OPD di Kabupaten Sitaro.

Kegiatan diselenggarakan selama 3 hari mulai 17 Oktober sampai dengan 19 Oktober 2022 bertempat di Hotel Aryaduta Manado.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)